-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Apa itu Kabel Laut Jasuka ?, Sumber Gangguan IndiHome dan Telkomsel

DOXTIMES.COM – Jaringan Internet Telkom mengalami gangguan pada, Minggu (19/9/2021) sore. Laporan mengatakan, gangguan terjadi pada Minggu kemarin sekitar pukul 17.33 WIB.

Telkom mengonfirmasi bahwa permasalahan ini terjadi karena adanya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam – Pontianak.

Lalu, Apa itu kabel laut Jasuka ?

Kabel laut Jasuka memiliki panjang 10.860 km. 17 titik pendaratan (landing points) yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, serta Malaysia.

Titik-titik tersebut berada di Bandar Lampung, Batam, Baturaja, Dumai, Jakarta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Rantu Prapat, Sibolga, Tanjung Pakis, Tanjung Pandan, Teping Tinggi, dan Bandar Bukit Tinggi di Malaysia.

Sistem kabel mulai dibagun pada tahun 2019 dan selesai di tahun 2011, bertujuan untuk meningkatkan jangkauan telekomunikasi hingga 90 persen di wilayah Indonesia pada tahun 2015.

“Infrastruktur ini adalah bagian dari visi jangka panjang Nusantara Super Highway,” kata Executive General Manager Telecommunication Infrastructure, David Bangun.

Jalur tersebut juga digunakan untuk trafik suara, baik tetap maupun bergerak. Tidak hanya digunakan Telkom, tetapi juga operator-operator utama lainnya di Indonesia.

Baca juga : Penyebab Internet Telkomsel dan IndiHome Gangguan

Telkom menggandeng Nokia Siemens Network, dalam pembangunan sistem kabel laut Jasuka.

Menggunakan teknologi Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM). Teknologi ini disebut memiliki jaringan optikal hiT 7100 yang merupakan bagian dari arsitektur Liquid Transport.

Teknologi ini diyakini bisa menghemat ongkos dengan mengadopsi teknik no dispersion compensation (DCM-Free) pada jaringan serat optik.

Sebelumnya, kabel ini memiliki kapasitas bawaan sebesar 10 Gigabit per detik (Gbps). Kemudian, pada tahun 2011, Telkom dan Nokia Siemens Network meningkatkan kapasitas bandwidth hingga 40 Gbps pada tahun 2011.

Saat itu, Nokia Siemens Network mengklaim kabel optik Jasuka merupakan koneksi 40 Gbps tanpa amplifier terpanjang di dunia saat beroperasi.

Ikuti Twitter dan Instagram agar tidak ketinggalan update terbaru dari kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.