-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Inilah Lima Perubahan Setelah Elon Musk Mengambil Alih Twitter

Profil Twitter Elon Musk yang ditampilkan di layar komputer dan logo Twitter yang ditampilkan di layar ponsel terlihat dalam foto ilustrasi yang diambil di Krakow, Polandia pada 9 April 2022. [Jakub Porzycki/Nurfoto via Getty]
Profil Twitter Elon Musk yang ditampilkan di layar komputer dan logo Twitter yang ditampilkan di layar ponsel terlihat dalam foto ilustrasi yang diambil di Krakow, Polandia pada 9 April 2022. [Jakub Porzycki/Nurfoto via Getty]

DOXTIMES.COM – CEO Tesla Elon Musk akan menjadi pemilik Twitter setelah menjanjikan USD 44 miliar untuk membeli platform media sosial tersebut.

Musk telah berjanji untuk mengembangkan fitur-fitur baru, seperti yang dijelaskan dalam siaran pers yang mengumumkan akuisisi pada hari Senin.

Sejauh ini apakah Twitter akan berubah masih belum pasti, tetapi lima hal ini diharapkan terjadi setelah Musk mengambil alih platform tersebut.

Kebebasan berbicara dan moderasi koten

Musk sering kali mengutarakan pendapatnya bahwa moderator konten Twitter terlalu banyak campur tangan di paltform.

“Kebebasan berbicara adalah landasan dari demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital di mana hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan,” kata Musk dalam tweetnya.

Musk menyerukan untuk melonggarkan pembatasan konten Twitter dan menggambarkan sebagai platform yang bebas dari moderasi koten.

Kritikus berpendapat bahwa salah satu alasa utama keputusannya adalah untuk melewati kebijakan moderasi kontennya.

Memperkenalkan tombol Edit

Twitter sebelumnya telah mengatakan “sedang mengerjakan tombol edit” yang memungkinakn pengguna dapat mengubah tweet setelah diposting.

Tombol edit menjadi fitur Twitter yang paling banyak diminta selama bertahun-tahun. Melalui fitur itu, pengguna dapat memperbaiki kesalahan ketik dalam tweet tanpa harus menghapus postingan itu sendiri.

Tetapi pertanyaan terus bermunculan, termasuk bagaimana mencegah penyalahguaan seperti mengbah tweet setelah orang lain me-retweet.

Tentu saja solusi yang jelas adalah melacak perubahan melalui log suntingan, di mana orang dapat melihat riwayat perubahan pada tweet atau postingan, hal yang sama sudah diterapkan di Facebook dan Slack.

Tetapi solusi tersebut sering digunakan oleh scammers dan bahkan bisa saja menyebabkan perang edit.

Algoritma Twitter harus open-source

Algoritme, atau potongan kode yang menentukan proritas di mana tweet kepada pengguna akan menjadi “open-source” atau sumber terbuka yang tersedia untuk dilihat dan ditingkatkan secara publik.

Tetapi beberapa analisis keberatan bahwa proposal Elon Musk terlalu menyederhanakan cara membuat data befungsi publik dan langkah tersebut bisa saja menimbulkan masalah privasi yang serius.

Menyelesaian penipuan Cryptocurrency

Musk mengatakan prioritas utama yakni akan menghilangkan bot spam dan scam dan bot tentara yang ada di platform Twitter.

Solusinya adalah mangautentikasi “semua manusia nyata” atau setiap orang yang memiliki akun yang secara terbuka harus ditautkan ke tanda pengenal lainnya, seperti nomor telepon, alamt email, atau foto.

Billy Markus, salah satu pendiri Dogecoin, mengeluh kepada tim dukungan Twitter tentang banyaknya penipuan crypto giveaway di platform itu.

Kembalinya Trump

Trump telah membantah bahwa dirinya akan kembali, bahkan jika Musk mengaktifkan akunnya. Sebagai gantinya Trump tetap menggunakan paltform Truth social miliknya sendiri.

Trump telah ditangguhkan secara permanen dari Twitter, Facebook, Instagram, dan Snapchat setelah terjadinya kerusuhan di Capitol AS pada 6 Januari 2021. Postingan Trump yang diunggah diplatform itu dianggap menghasut.

Pejabat pemerintah Presiden Amerika Serikat Joe Biden khawatir jika akuisisi Musk atas Twitter akan memungkinkan Trump dan operator lainnya yang tadinya dilarang Twitter kembali ke platform itu.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.