-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Jenis-Jenis Virus Seluler dan Cara Melindungi Ponsel Anda dari Virus

Jenis-Jenis Virus Seluler dan Cara Melindungi Ponsel Anda dari Virus. [Ilustrasi]
Jenis-Jenis Virus Seluler dan Cara Melindungi Ponsel Anda dari Virus. [Ilustrasi]

DOXTIMES.COM – Secara umum virus pada seluler adalah adware, ransomware, spyware, trojan horse, dan worm. Istilah virus telah menjadi ungkapan yang diterima secara luas untuk segala jenis resiko keamanan.

Virus dapat bersembunyi pada aplikasi, email palsu, atau lampiran yang terinfeksi. Para penyerang atau pelaku terus memondifikasi untuk menyusup ke perangkat agar terhindar dari deteksi.

Berikuti adalah jenis-jenis virus seluler :

  • Adware : Beberapa pop-up adalah bagian dari pemasaran, masuknya bisa saja menjadi tanda adware. Resiko paling ringan mungkin hanya menyebabkan iritasi, namun resiko paling buruk dapat melacak aktivitas dan me-root perangkat untuk mencuri data.
  • Rasomware : Sebagian besar mungkin sudah tidak asing dengan ‘Ransomware’. Ya, virus ini dapat mengekripsi (mengunci) informasi pribadi agar pengguna tidak dapat mengaksesnya. Dimana nanti Anda akan mendapatkan sebuah pesan tebusan dan Anda harus membayar sesuai tebusan yang diminta jika file informasi pribadi tidak ingin dirilis.
  • Spyware : Spyware biasanya menyusup lewat aplikasi resmi atau aplikasi yang dimodifikasi, kemudian akan menyusup ke perangkat Anda dan mulai melacak aktivitas, lokasi, nama pengguna, dan kata sandi tanpa sepengetahuan pengguna.
  • Trojan : Biasa disebut kuda trojan, ini biasanya akan muncul sebagai pesan teks. Penyerang akan mengirimkan pesan dengan harga premium, atau meningkatkan tagihan Telepon. Hal yang biasa terjadi adalah trojan perbankan yang bisa menyusup ke perangkat Android dan menyadap pesan tentang informasi keuangan pribadi.
  • Worm : Ini juga termasuk virus yang disebarkan melalui jenis teks, worm sendiri tidak membutuhkan interasi dari pengguna untuk melakukan aksinya. Tujuannya adalah menyebarkan ke perangkat sehingga pelaku dapat membuat malware ke ponsel Anda untuk mencuri data.

Cara Melindungi Ponsel Anda dari Virus

Hal yang paling umum Anda lakukan adalah menggunakan perangkat lunak antivitus agar terhidar dari malware, tentunya dengan antivirus yang aman. Perlu Anda perhatikan adalah harus tetap berhati-hati jika ingin menginstall aplikasi baru.

Jika Anda menemukan syarat dan ketentuan aplikasi dimohon untuk tetap membacanya dengan baik karena bisa saja hal itu dapat mengindikasi akses ke data pribadi.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.