-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Banjir Bandang Menerjang Sejumlah Wilayah Blitar

Seumlah wilayah di kabupaten Blitar diterjang banjir Bandang.

Banjir menerjang desa Bacem, kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. [Foto: tangkapan layar]
Banjir menerjang desa Bacem, kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. [Foto: tangkapan layar]

DOXTIMES.COM – Curah hujan yang tinggi mengakibatkan sejumlah wilayah di kabupaten Blitar diterjang banjir bandang. Ketinggan air dilaporkan mencapai 50 cm hingga 200 cm. Belum ada laporan warga yang terluka atau kerugian material dalam kejadian tersebut.

Banjir cukup parah menerjang kecamatan Sutojayan, kecamatan Binangun, kecamatan Panggungrejo, kecamatan Wates, kecamatan Winotirto.

Sawah dan perkebunan warga juga terendam banjir serta akses jalan umum tidak dapat dilewati.

Menurut kepala desa Ngeni di kecamatan winotirto Iwan Haris menuturkan bahwa banjir dimulai pada pukul 03.00 WIB dikarenakan hujan lebat mengguyur daerah itu mulai pukul 19.00 WIB.

Dia juga menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa yang dilaporkan namun hewan ternak milik warga seperti sapi, ayam dan kolam ikan yang siap panen ikut hanyut.

Untuk saat ini, warga melakukan evakuasi barang-barang dagangannya agar tidak hanyut dan tidak menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Di kecamatan Kademangan, bendungan serut dibunyikan sebagai tanda peringatan datangnya banjir bandang.

Vidio yang beredar di media sosial memperlihatkan suara sirine membuat suasana mencengkam.

Menurut Kasub DJA 1/2 Bendungan serut Doni Trio Prabowo, sirene berbunyi menandakan awal dibukannya seluruh pintu bendungan. Pembukaan pintu bendungan dulakukan karena volume air telah mencapai diatas 500 meter kubik, dimana saat itu air telah mencapai 1.100 meter kubik.

Saat ini, BPBD kabupaten Blitar telah menurunkan sejumlah petugas siaga ke lokasi, yang nantinya petugas akan melakuka evakuasi kepada korban terdampak banjir. Petugas juga telah menyiapkan tenda darurat.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *