-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

The Enigma, Berlian Hitam Terbesar di Dunia Dilelang Rp 51 Miliar

Berlian hitam langka, atau carbanado, diyakini telah tercipta ketika sebuah meteorit atau asteroid menghantam Bumi lebih dari 2,6 miliar tahun yang lalu [Gambar AFP via Giuseppe CACACE]
Berlian hitam langka, atau carbanado, diyakini telah tercipta ketika sebuah meteorit atau asteroid menghantam Bumi lebih dari 2,6 miliar tahun yang lalu [Gambar AFP via Giuseppe CACACE]

DOXTIMES.COM – The Enigma, potongan berlian hitam terbesar di dunia dengan berat 555 karat, dilelang di London pada hari Rabu (9/2) seharga 3,16 juta Pound sterling (Rp 51 Miliar). Baru-baru ini berlian hitam itu dipamerkan untuk yang pertama kalinya.

Diyakini berlian hitam jenis Carbonado diciptakan oleh meteorit atau asteroid luar angkasa yang menghantam bumi lebih dari 2,6 militer tahun lalu.

Diketahui Enigme adalah potongan berlian terbesar di dunia, menurut Guiness World Record dengan 55 sisi dan beratnya mencapai 555,55 karat dijual seharga 3,16 juta Pound sterling, tidak termasuk premi pembeli, pada penjualannya secara online oleh rumah lelang Sotheby’s di London.

The Enigma Diamond, dengan berat 555,55 karat, diluncurkan di Sotheby’s Dubai pada Januari 2022. [NEVILLE HOPWOOD/GETTY]

“Diperkirakan bahwa jenis berlian hitam khusus ini diciptakan baik dari dampak meteorik yang menghasilkan deposisi uap kimia alami atau berasal dari luar bumi, dari ledakan supernova yang membentuk asterod bantalan berlian yang akhirnya bertabrakan dengan Bumi,” kata rumah lelang Sotheby’s.

Para ahli membutuhkan waktu setidaknya tiga tahun untuk mengubah belian kasar menjadi permata 55 sisi dan baru-baru ini dipamerkan di Dubai, Los Angeles, dan London.

Secara tradisional berlian hitam dihargai karena kejelasan dan tidak adanya warna. Berlian hitam Carbonado biasanya tidak digunakan untuk perhiasan atau dijual di pelelangan, namun beberapa berlian hitam alami seperti Black Orlov, Amsterdam Diamond, dan yang sekarang The Enigma telah menjadikan berlian hitam sebagai komoditas berharga.

Biasanya Carbonado digunakan untuk pengeboran industri karena kekerasannya yang luar biasa.

Sotheby mengumumkan bahwa mereka akan menerima cryptocurrency untuk The Enigma. [GAMBAR LEON NEAL / GETTY]

“Ukuran, bentuk, dan sumber berlian Enigma membuatnya menjadi terobosan dan menakjubkan,” kata Tobias Kormind, direktur pengelola toko perhiasan online terbesar di Eropa, Mayfair.

“Selain sebagai berlian potong terbesar di dunia, Enigma sangat tidak biasa karena alasan tambahan,” tambahnya.

Asal usul berlian itu juga menambah daya pikat tersendiri, para ahli perhiasan dan ahli geologi menyebut sebagai “misteri antarbintang yang belum terpecahkan”. Sebagian besar belian ditemukan dari batuan beku yang terbentuk di dalam Bumi, beda dengan carbonado yang ditemukan di endapan sedimen yang berada di pemukaan bumi. Hal itu menunjukkan bahwa belian hitam ini berasal dari luar angkasa dan beberapa dari mereka percaya bahwa Carbonado diciptakan dari meteroik atau ledakan supernova.

“Harga Enigma tidak cukup mencapai tingkat antar galaksi. Tapi apa yang tidak dapat disangkal adalah bahwa Enigma adalah berlian dengan hak membual yang tak tertandingi,” kata Kormind.

Menyukai cerita kami hari ini ? Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *