-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

12 Orang Tewas Terinjak-injak di Kuil Keagamaan di India

Sedikitnya 12 orang tewas terinjak-injak di tempat suci [NNIS / AFP]
Sedikitnya 12 orang tewas terinjak-injak di tempat suci [NNIS / AFP]

DOXTIMES.COM – Penyerbuan di sebuah kuil keagamaan populer di Kashmir, india pada hari Sabtu (1/1/22) pagi, menewaskan sedikitnya 12 orang dan 13 orang lainnya terluka.

“Sedikitnya 12 orang kehilangan nyawa dan 13 lainnya luka-luka,” kata seorang pejabat pemerintah yang dikutip dari AFP.

Kejadian tersebut dimulai sekitar pukul 02.35 pagi (waktu setempat), di mana saat rute jalan menuju kuil Vaishno Devi masih dalam keadaan gelap. Kuil itu merupakan salah satu situs Hindu paling populer di negara tersebut.

“Jumlah korban bisa lebih tinggi karena rute menuju juil di puncak bukit itu penuh sesak dengan umat yang mencoba melakukan kunjungan dan doa tahun baru secara adat,” tambah pejabat itu.

Baca juga:  60 Orang Tewas dalam Runtuhnya Jembatan di India

Laporan lainnya mengatakan bahwa setidaknya 20 orang dalam keadaan terluka.

Mata Vaishno Devi adalah satu-satunya kuil Hindu paling dihormati di India utara, serta memiliki puluhan ribu pengunjung setiap harinya untuk berdoa.

Seorang pengunjung kuil, Priyansh dan juga salah satu teman dari dua korban yang tewas disana mengatakan bahwa dirinya dan 10 temannya berangkat dari New Delhi tiba pada Jumat malam, dengan tujuan mengunjungi kuil tersebut,

“Saya belum pernah melihat seperti ini sebelumnya,” kata Priyansh.

Seorang saksi mata dan juga pengunjung, Mahesh mengatakan kejadian tersebut terjadi di dekat gerbang tempat para perziarah masuk dan keluar dari rute menuju kuil.

“Sesuatu terjadi di dekat salah satu gerbang dan saya menemukan diri saya di bawah tekanan orang. Saya tercekik dan jatuh tetapi entah bagimana berhasil berdiri.” kata Mahesh.

Baca juga:  60 Orang Tewas dalam Runtuhnya Jembatan di India

“Saya melihat rang-rang bergerak di atas mayat-mayat Itu. Itu adalah pemadangan yang mengerikan, tetapi saya berhasil membantu menyelamatkan beberapa orang yang terluka,” tambahnya.

Presiden India, Rashtrapati Bhavan mengatakan dalam sebuah postingan di media sosial bahwa dirinya “sangat sedih mengetahui bahwa penyerbuan yang tidak menguntungkan merenggut nyawa umat di Mata Vaishno Devi Bhavan.”

“Belasungkawa tulus saya untuk keluarga yang ditinggalkan. Saya berharap pemulihan cepat bagi mereka yang terluka,” imbuhnya.

Kejadian serupa juga pernah terjadi pada tahun 2013, disaat pengunjung sebuah kuil untuk festival Hindu di negara bagian Madhya Pradesh terinjak-injak karena khawatir jika sebuah jembatan akan runtuh, dan menewaskan setidaknya 115 orang.

Baca juga:  60 Orang Tewas dalam Runtuhnya Jembatan di India

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *