-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Cara Mengatahui Jika Ponsel Anda Terkena Virus dan Cara Menghapusnya

Cara Mengatahui Jika Ponsel Anda Terkena Virus dan Cara Menghapusnya. [Ilustrasi]
Cara Mengatahui Jika Ponsel Anda Terkena Virus dan Cara Menghapusnya. [Ilustrasi]

DOXTIMES.COM – Jika Anda melihat perilaku ponsel Anda mulai terasa aneh dan pasti yang Anda bayangkan adalah bagaimana jika ponsel Anda mulai diretas, itu benar-benar akan menjadi hal yang paling buruk jika terjadi.

Karena seiring berjalannya era digital semakin banyak juga pengguna yang beralih ke seluler, begitu juga peretasan. Virus pada perangkat seluler akan menargetkan titik lemah pada OS (Operasi Sistem) Anda untuk menambahkan data, keuntungan finansial, atau merusak jaringan.

Akan sulit jika memahami berbagai virus yang dapat merusak ponsel pintar Anda. Jadi Anda harus tahu terlebih dahulu tanda-tanda jika ponsel Anda telah terkena virus, lalu Anda bisa memecahkan masalahnya.

Tanda-Tanda Ponsel Anda terkena Virus

Beberapa virus mungkin akan membatasi fungsi ponsel Anda, ada juga beberapa digunakan untuk mencuri, menghapus data, hingga pembelian yang tidak sah. Anda akan sulit mengenali virus karena malware dapat berjalan tidak aktif saat Anda menggunakan seluler seperti biasa.

Berikut adalah tanda-tanda bahwa ponsel Anda terkena virus :

  1. Penggunaa data yang berlebihan : Ponsel yang telah disusupi biasanya memiliki virus yang berjalan di latar belakang dan tidak dapat terdeteksi.
  2. Aplikasi tidak dapat berjalan : Jika ponsel Anda dikompromikan oleh virus, itu akan membuat aplikasi pada ponsel Anda tidak berjalan seperti biasanya. Walau ada beberapa alasan yang mempengaruhi aplikasi tidak dapat berjalan, cek terlebih dahulu penyimpanan dan aplikasi yang berjalan terutama yang memakan banyak penyimpanan.
  3. Pop-up : pop-up adalah funsi normal dari sebuah iklan saat kita menjelajahi web. Jika browser Anda berhenti dan mengalami peningkatan pop-up, bisa saja itu adware. Adware adalah jenis malware yang tujuannya untuk menambang data.
  4. Baterai cepat terkuras : Jika virus berjalan dilatar belakang perangkat Anda, hal itu akan membuat bataterai semakin boros bersamaan dengan peningkatan penggunan RAM ponsel Anda.
  5. Aplikasi yang tidak kita kenal : Anda mungkin akan melihat aplikasi tiba-tiba muncul secara misterius. Jangan anggap remeh!, bisa saja itu malware yang tergolong berbahaya. Tidak hanya itu, aplikasi yang Anda kenal mungkin saja bisa disusupi oleh trojan hourse.
  6. Ponsel terlalu panas : Suatu malware tentu dapat mengahabiskan RAM dan CPU dengan cepat, itu akan membuat pnsel Anda akan terlalu panas. Masalah lainnya juga akan datang, itu menandakan ada hal yang lebih berbahaya sedang terjadi.
  7. Tulisan spam : Hal yang paling umum terjadi biasanya malware akan mengumplkan data sensitif dan berupaya menginfeksi kontak Anda dengan mengirimkan teks aneh dan tautan atau lampiran berbahaya.
Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.