Dunia, News  

Apa yang perlu Anda ketahui tentang kecelakaan pesawat di Nepal

Tim penyelamat bekerja di reruntuhan pesawat Yeti Airlines ATR 72 setelah jatuh di Pokhara, Nepal [Bijaya Neupane/EPA]
Tim penyelamat bekerja di reruntuhan pesawat Yeti Airlines ATR 72 setelah jatuh di Pokhara, Nepal [Bijaya Neupane/EPA]

Sebuah pesawat penumpang yang membawa 72 orang jatuh di kota Pokhara, Nepal pada hari Minggu (15/1) waktu setempat, dengan laporan setidaknya 68 orang dipastikan meninggal dunia.

Puing-puing pesawat berserakat di lokasi terjadinya kecelaaan, termasuk kursi penumpang dan badan pesawat yang hancur, laporan saat pencarian korban masih berlanjut pada hari Senin.

Di mana pesawat itu jatuh ?

Pesawat ATR 72 yang dioperasikan oleh Yeti Airlines melakukan perjalanan dari ibu kota Kathmandu ke Pokhara dengan jadwal penerbangan kurang lebih 27 menit.

Lalu kemudian pesawat tersebut dilaporkan jatuh beberapa menit sebelum mendarat di Bandara Internasional Pokhara, yang diresmikan dua minggu yang lalu.

Rekaman video dramatis menunjukkan saat-saat terakhir sebelum pesawat jatuh ke jurang yang berjarak sekitar 1,6 km dari bandara baru itu.

Siapa yang berada di Pesawat ?

Pesawat tersebut dilaporkan membawa 72 orang termasuk empat awak. Orang-orang di dalamnya terdiri dari 57 orang warga negara Nepal, lima orang India, empat orang Rusia, dua orang Korea Selatan dan satu orang dari Argentina, Irlandia, Australia dan Prancis.

Dengan 68 orang yang dipastikan tewas, empat orang lainnya masih dalam pencarian, namun para pejabat tidak berharap ada yang selamat atas kecelakaan tersebut.

Apa penyebab kecelakan ?

Belum ada keterangan pasti apa penyebab kecelakaan pesawat itu, namun kecelakaan terjadi di tengah cuaca yang baik dan angin tidak terlalu kencang.

Tim penyelamat dan pencari telah mengambil perekam suara kokpit dan perekam data penerbangan pesawat tersebut. Kedua perangkat itu dalam kondisi baik dan akan segera dikirim untuk dianalisis.

Data dalam alat perekaman itu kemungkinan akan membantu menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat ATR 72 yang jatuh.

Diketahui jens pesawat yang jatuh, yakni ATR 72 telah digunakan oleh maskapai penerbangan di seluruh dunia untuk penerbangan regional jarak pendek.

Pesawat itu telah diperkenalkan pada akhir 1980 oleh kemitraan Prancis dan Italia, mde pesawat itu telah terlibat dalam beberapa kecelakaan mematikan selama bertahun-tahun.

Di Taiwan, dua kecelakaan yang melibatkan pesawat ATR 72-500 dan ATR 72-600 pada tahun 2014 dan 2015.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *