-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Lebih dari 1.000 Orang Tewas dalam Gempa yang Melanda Afghanistan

Lebih dari 250 orang tewas dalam gempa berkekuatan 6,1 yang melanda sebagian Afghanistan timur dan negara tetangganya Pakistan.

Lebih dari 100 orang tewas dalam gempa berkekuatan 6,1 yang melanda sebagian Afghanistan timur dan negara tetangganya Pakistan. [Gambar via Tasnimnews]
Lebih dari 100 orang tewas dalam gempa berkekuatan 6,1 yang melanda sebagian Afghanistan timur dan negara tetangganya Pakistan. [Gambar via Tasnimnews]

DOXTIMES.COM – Korban tewas akibat gempa kuat yang melanda Afghanistan telah meningkat menjadi 1.150 orang, dan lebih dari 1.500 lainnya dalam keadaan terluka, saat tim penyelamat datang ke lokasi bencana di provinsi terpencil Paktika dan Khost. Beberapa bantuan internasional sampai ke desa-desa yang terkena dampak untuk menyediakan makanan dan tenda bagi orang-orang, tetapi sebagian besar penduduk desa sendirian dengan jutaan orang di negara ini sudah berada dalam kemiskinan yang parah.

Gempat mengguncang sebagian Afghanistan timur dan sebagian Pakistan pada hari Rabu dini hari, kata Survei Geologi AS (USGS).

USGS mengatakan bahwa kekuatan gempa adalah 5,9 SR, sebelumnya gempa diperkirakan pada angka 6,1.

Media melaporkan bahwa korban tewas kemungkinan meningkat.

Di provinsi Khost, 25 orang tewas dan 90 dibawa ke rumah sakit, kata pejabat kementerian dalam negeri Salahuddin Ayubi.

Gempa terjadi di sekitar 44 km (27 mil) dari kota Kbost di Afghanistan tenggara dan memiliki kedalaman 51 km (31 mil), menurut USGS.

Getaran gempa dirasakan hingga jarak sekitar 500 km (310 mil) oleh sekitar 11 juta orang di Pakistan, Afghanistan dan India, kata Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC).

Peta guncangan gempa berkekuatan 6,1 yang melanda Afghanistan timur, dekat perbatasan negara itu dengan Pakistan, dini hari tanggal 22 Juni 2022. [Foto: USGS]

Guncangan turut dirasakan di ibu kota Afghanistan, Kabul, serta ibu kota Pakistan, Islamabad, menurut saksi yang diposting di situs web resmi EMSC dan pengguna di Twitter.

Menurut situs berita Dawn, Departemen Meteorologi Pakistan mengatakan bahwa gempa itu mengguncang sebagian provinsi Punjab dan Khyber Pakhtunkhwa, belum ada laporan tentang kematian atau kerusakan.

Foto-foto di media Afghanistan menunjukkan rumah-rumah roboh menjadi puing-puing dan mayat-mayat ditutup tergeletak di tanah.

Segera diperbarui.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

UPDATE 14:30 WIB

Jumlah korban tewas bertambah menjadi 280 orang, dan menambahkan peta guncangan gempa berkekuatan 6,1 yang melanda Afghanistan timur, dekat perbatasan dengan Pakistan, pada dini hari (22 Juni).

UPDATE JUMAT, 13:57 WIB

Jumlah korban tewas dari gempa yang melanda Afghanistan meningkat menjadi 1.000 orang, dengan 1.500 orang terluka.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.