-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Ukraina Tetap Prioritaskan Bergabung dengan NATO dan Uni Eropa

Ukraina Tetap Prioritaskan Bergabung dengan NATO dan Uni Eropa . [Gambar ilustrasi via Sputnik / Vladimir ]Trefilov
Ukraina Tetap Prioritaskan Bergabung dengan NATO dan Uni Eropa . [Gambar ilustrasi via Sputnik / Vladimir ]Trefilov

DOXTIMES.COMUkraina dapat membatalkan tawarannya untuk bergabung dengan NATO guna menghindari perang dengan Rusia, kata duta besar Ukraina untuk Inggris yang dikutip dari BBC.

Namun, duta besar itu malah menarik kembali pernyataannya ketika juru bicara Presiden Ukraina mengatakan bahwa aspirasi untuk bergabung dengan NATO dan Uni Eropa tetap menjadi prioritas mutlak bagi negara itu.

Dikutip dari BBC, Duta Besar Vadym Prystaiko mengatakan bahwa negara itu bersedia untuk “fleksibel” atas tujuannya untuk bergabung dengan aliansi militer Atlantik.

“Kami mungin-terutama diancam seperti itu, diperang oleh itu, dan didorong ke sana,” kata Prystaiko ketika ditanya “apakah Kyiv dapat mengubah posisinya dalam keanggotaan NATO”.

Seperti yang dikatakan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa langkah tersebut akan menjadi pemicu perang.

Tidak lama setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa duta besar perlu mengklarifikasi pernyataan sebelumnya, Prystaiko kembali ke BBC untuk menyatakan bahwa bekas republik Soviet itu tidak mempertimbangkan kembali usahanya untuk bergabung dengan aliansi militer.

Ukraina bukan anggota NATO, tetapi pada tahun 2008 memiliki janji bahwa akan diberikan kesempatan untuk bergabung.

Putin mengeluarkan argumen bahwa hubungan Ukraina dengan aliansi tersebut dapat menjadi landasan untuk peluncuran rudal NATO ke Rusia. Garis merah diperlukan untuk mencegah itu, kata Putin.

Gedung Putih mengatakan Presiden AS Joe Biden melakukan pembicaraan kepada Presiden Zelensky pada hari Minggu bahwa dirinya setuju untuk melanjutkan upaya diplomatik untuk menyelesaikan krisis.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.