-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Putin Berencana Menghandiri KTT G20 di Indonesia tahun ini

Presiden Rusia Vladimir Putin [SPUTNIK/RAMIL SITDIKOV/KREMLIN]
Presiden Rusia Vladimir Putin [SPUTNIK/RAMIL SITDIKOV/KREMLIN]

DOXTIMES.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk menghandiri KTT G20 tahun ini yang diselenggarakan di Bali, Indonesia, kata duta besar Rusia di Jakarta pada Rabu (23 Mar), menyusul seruan dari beberapa anggota bahwa Rusia dapat dikeluarkan dari kelompok tersebut.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan bahwa tuan rumah G20 Indonesia telah mengundang Putin ke KTT kepala negara November mendatang.

“Tergantung banyak hal, termasuk situasi Covid yang semakin membaik. Tapi, sejauh ini ya niatnya datang,” katanya kepada wartawan.

Vorobieva mengatakan bahwa ada upaya negara-negara Barat untuk mengusir Rusia dari organisasi dunia, termasuk G20 ekonomi utama.

“Tidak hanya G20, banyak organisasi mencoba untuk mengusir Rusia… reaksi Barat benar-benar tidak proporsional,” kata Vorobieva dalam konferensi pers-nya.

Baca juga:  10 Orang Tewas dalam Penembakkan di Toko Buffalo New York

Rusia menghargai ketegasan Indonesia bahwa forum tersebut untuk menyelesaikan masalah ekonomi.

Indonesia yang saat ini memegang kepresidenan G20 bergilir mengatakan akan tetap pada tujuan awal. Indonesia berencana untuk tidak memasukkan invasi Rusia ke Ukraina dari sebagian besar agenda.

China pada hari Rabu juga menolak saran untuk mengecualikan Rusia, mengatakan bahwa Rusia adalah negara penting G20 Beijing.

“G20 adalah forum utama untuk kerja sama ekonomi internasional,” kata juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin.

“Rusia adalah anggota penting, dan tidak ada anggota yang berhak mengusir negara lain,” tambahnya.

“Tentu saja, pengusiran Rusia dari forum semacam ini tidak akan membantu menyelesaikan masalah ekonomi ini. Sebaliknya tanpa Rusia, itu akan sulit,” kata Vorobieva.

Baca juga:  Duta Besar Rusia untuk Polandia Disiram Cat Merah di Warsawa

Sebelumnya, Amerika Serikat akan berunding dengan sekutu Baratnya mengenai keanggotaan Rusia dalam kelompok ekonomi utama G20 setelah invasi negara itu ke Ukraina.

“Kami percaya bahwa itu tidak bisa menjadi bisnis seperti biasa bagi Rusia di lembaga-lembaga internasional dan di komunitas internasional,” kata Keamanan Nasional Gedung Putin Jake Sullivan pada hari Selasa.

IKuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.