-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Presiden Burkina Faso Kabore Ditahan di Kamp Militer

Lubang peluru terlihat di sebuah mobil milik kepresidenan menyusul tembakan keras di dekat kediaman presiden Roch Kabore di Ouagadougou, Burkina Faso 24 Januari 2022. [Thiam Ndiaga / Reuters]
Lubang peluru terlihat di sebuah mobil milik kepresidenan menyusul tembakan keras di dekat kediaman presiden Roch Kabore di Ouagadougou, Burkina Faso 24 Januari 2022. [Thiam Ndiaga / Reuters]

DOXTIMES.COM – Presiden Burkina Faso Roch Kabore ditahan di sebuah kamp militer oleh tentara pemberontak, menurut empat sumber keamanan dan seorang diplomat Afrika Barat pada Senin.

Presiden Kabore ditahan oleh tentara setelah baku tembak di sekitar rumahnya pada Minggu malam di ibu kota Quagadougou, menurut laporan.

Pada Senin pagi, beberapa kendaraan lapis baja armada kepresidenan yang dipenuhi perluru terlihat di rumah Kabore dan salah satunya berlumuran darah. Warga disekitar melaporkan bahwa tembakan keras terjadi semalam.

Suara tembakan terdengar terus menerus dari kamp militer pada hari Minggu, dengan tentara yang menuntut agar lebih banyak dukungan untuk perjuangan mereka melawan kelompok militan.

Pemerintah telah membantah adanya informasi bahwa tentara telah merebut kekuasaan dan menyatakan situasi sudah terkendali.

Namun keberadaan atau keadaan presiden Kabore belum diketahui pasti pada hari Senin, dengan informasi yang beredar saling bertentangan di antara sumber-sumber keamanan dan diplomatik.

Belum ada sumber pemerintah yang dapat dihubungi.

Dalam beberapa bulan terakhir orang-orang turun ke jalan melakukan protes karena kekhawatiran mereka atas pembunuhan warga sipil dan tentara oleh kelompok militan, yang beberapa diantaranya memiliki hubungan dengan ISIS dan AL-Qaeda.

ISIS telah menguasai beberapa wilayah di negara itu dan memaksa penduduk untuk mematuhi hukuman mereka. Sementara itu, militer yang berjuang memerangi kelompok tersebut telah menguras sumber daya nasional.

Berita ini akan kami perbarui, pastikan Anda mengikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.