-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Gunung Aso di Jepang Meletus

Pemandangan dari udara menunjukkan letusan Gunung Aso di Aso, prefektur Kumamoto, barat daya Jepang, 20 Oktober 2021.[Kyodo/via REUTERS]
Pemandangan dari udara menunjukkan letusan Gunung Aso di Aso, prefektur Kumamoto, barat daya Jepang, 20 Oktober 2021.[Kyodo/via REUTERS]

DOXTIMES – Gunung Aso di Jepang Meletus pada Rabu (20/10/2021) Pukul 11.43 waktu setempat. Letusan dari Gunung megeluarkan awan panas dan abu vulkanik setinggi 3.500 meter.

Belum ada laporan korban jiwa dalam letusan gunung tersebut. Namun, dalam beberapa video yang beredar menunjukkan batu yang berterbangan saat ledakan terjadi.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) memperingatkan kepada masyarakat agar segera menjauh dari sekitaran Gunung Aso.

Pihak berwenang juga sedang memastikan apakah ada para pejalan kaki atau wisatawan yang terjebak.

“Nyawa masunia adalah prioritas kami dan kami bekerja dengan Pasukan Bela Diri, Polisi, dan petugas pemadam kebakaran untuk menangani situasi secara efektif,” kata Kepada Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno.

Dirinya memperingatakan bagi para wisatawan atau pejalan kaki yang dekat dengan gunung, “harus berhati-hati terhadap batu besar yang beterbangan dan aliran meterial piroklastik.”

“Perhatian diperlukan bahkan di daerah yang jatuh melawan arah angin, karena angin tidak hanya membawa abu tetapi juga kerikil,” tambahnya.

Badan Meteorologi Jepang telah memeringatkan adanya aktvitas gunung berapi yang berada di sana dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Tidak Ada Akhir yang Terlihat dari Letusan Gunung Cumbre Vieja di La Palma, Kata Presiden Canary

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.