-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Fujian: Kapal Induk Ketiga China yang Baru Saja Diluncurkan

Fujian adalah kapal Induk China yang diluncurkan pada Jumat (17 Juni) memiliki bobot 80.000 ton dan menjadi kapal perang terbaru dan tercanggih di negara itu.

China meluncurkan kapal induk ketiga negara itu di Shanghai pada 17 Juni 2022. [Foto via Xinhua]
China meluncurkan kapal induk ketiga negara itu di Shanghai pada 17 Juni 2022. [Foto via Xinhua]

DOXTIMES.COM China secara resmi telah meluncurkan kapal induk ketiganya, yang dinamai sebagai Fujian.

Menurut Media Pemerintah China, kapal perang terbaru dan tercanggih di negara itu diluncurkan “dalam upacara singkat dan meriah” pada Jumat (17 Juni) pagi di galangan kapal China State Shipbuilding Corporation (CSSC) di Shanghai.

Setelah sertifikat penamaan diserahkan kepada komandan Fujian, pita dipotong untuk meresmikan peluncuran dan kemudian kapal langsung meninggalkan dermaga, kata Global Times.

Fujian diluncurkan pada hari Jumat dalam apa yang dikatakan media pemerintah sebagai upacara ‘singkat tapi meriah’ [CCTV/AFP Photo]

Fujian adalah kapal induk pertama yang dikembangkan sepenuhnya di dalam negeri China sejak 2018, dan telah dilengkapi dengan ketapel elektromagnetik dan perangkat penahan untuk memungkinkan pesawat lepas landas dan mendarat di deknya, tambahnya.

Baca juga:  Satu orang Tewas Dalam Ledakan Pabrik Kimia Shanghai Sinopec

Kapal yang memiliki bobot lebih dari 80.000 ton itu akan memulai uji coba tambatan dan laut.

Evolusi kapal induk Cina [Grafik via Feng Qingyin/GT]

Peluncuran itu merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memodernisasi Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat, yang telah memiliki dua kapal induk yang berfungsi penuh, yakni Lioning era Soviet dan Shandong buatan dalam negeri yang didesainnya didasarkan pada Liaoning.

Fujuan dan kapal induk keempat yang juga sedang dibangun, memiliki ukuran lebih besar dan mampu membawa lebih banyak pesawat daripada dua kapal yang dimiliki.

South China Morning Post melaporkan pada Maret tahun lalu, bahwa kemungkinan kapal induk keempat yang sedang dibangun bertenaga nuklir.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Baca juga:  Satu orang Tewas Dalam Ledakan Pabrik Kimia Shanghai Sinopec

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.