-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-
Eropa, News  

Mariupol Sepenuhnya Dibersihkan, Mendesak untuk Segera Menyerah

Tank dan pasukan pro-Rusia di Mariupol pada hari Jumat. [Alexander Ermochenko/Reuters]
Tank dan pasukan pro-Rusia di Mariupol pada hari Jumat. [Alexander Ermochenko/Reuters]

DOXTIMES.COM Rusia mengatakan pasukannya telah sepenuhnya membersihkan perkotaan Mariupol dan hanya kontigen kecil pejuang Ukraina yang tetap berada di dalam pabrik baja di pelabuhan selatan.

“Seluruh wilayah perkotaan Mariupol telah sepenuhnya dibersihkan… sisa-sisa kelompok Ukraina saat ini sepenuhnya diblokade di wilayah pabrik metalurgi Azovstal,” kata juru bicara kementerian pertahanan Rusia Igor Konshenov.

“Satu-satunya kesempatan mereka untuk menyelamatkan hidup mereka adalah dengan sukarela meletakkan senjata dan menyerah,” tambahnya.

Klaim Rusia menguasai Mariupol tidak dapat diverifikasi secara independen. Mariupol menjadi kota besar pertama yang jatuh ke tangan pasukan Rusia sejak invasi 24 Februari.

Konashenkov mengatakan setidaknya 1.464 prajurit Ukraina telah menyerahkan “dalam rangka pembebasan Mariupol”. Para pejuang yang tersisa diblokade di pabrik pabrik baja Azovstal.

Baca juga:  Putin: Kesalahan Jika Finlandia Ngotot Bergabung dengan NATO

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa pasukan Ukraina yang masih bertempur di Mariupol meletakkan senjata mereka mulai pukul 6 pagi (waktu Moskow).

“Dengan mempertimbangkan situasi bencana yang telah berkembang di pabrik metalurgi Azovstal, serta dipandu oleh prinsip-prinsip yang murni manusiawi, Angkatan Bersenjata Rusia menawarkan para militan batalyon nasionalis dan tentara bayaran asing mulai pukul 06.00 (waktu Moskow) pada 17 April 2022, untuk menghentikan permusuhan dan meletakkan senjat mereka,” kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan.

“Semua orang yang meletakkan senjata mereka dijamin bahwa hidup mereka akan terhindar,” tambahnya.

Berdasarkan ketentuan kesepakatan yang diusulkan Rusia pada hari Sabtu, para pejuang yang tersisa di pabrik Azovstal akan pergi antara pukul 6 pagi dan 1 siang waktu Moskow, tanpa senjata atau amunisi.

Baca juga:  UEFA: Klub Rusia Dilarang Bermain di Liga Champions Musim Depan

Awal penyerahan akan ditandai denagn pengibaran bendera, “Dari pihak Rusia merah, dari sisi Ukraina putih, di sekeliling Azovstal,” kata kementerian itu.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.