-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-
Eropa, News  

Finlandia dan Swedia Resmi Mendaftar untuk Bergabung dengan NATO

Opini publik di Finlandia dan Swedia telah bergeser secara besar-besaran ke arah keanggotaan sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari [Reuters]
Opini publik di Finlandia dan Swedia telah bergeser secara besar-besaran ke arah keanggotaan sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari [Reuters]

DOXTIMES.COM – Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa Finlandia dan Swedia telah secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan aliansi militer NATO, sebuah langkah yang didorong oleh kekhawatiran keamanan atas perang Rusia di Ukraina.

“Saya menyambut hangat permintaan Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO. Anda adalah mitra terdekat kami,” kata Stoltenberg kepada wartawan pada hari Rabu (18 Mei), setelah menerima surat lamaran dari duta besar kedua negara itu.

“Ini adalah momen bersejarah, yang harus kita rebut,” kata Stoltenberg di markas NATO di Brussels.

Surat lamaran itu sekarang harus dipertimbangkan dengan 30 negara anggota. Proses itu diperkirakan akan memakan waktu sekitar dua minggu, meskipun presiden Turkey Recep Tayyip Erdogan menyatakan keberatan tentang bergabungnya Finlandia dan Swedia.

Jika semua berjalan dengan lancar, kedua negara tu bisa menjadi anggota dalam beebrapa bulan. Prosesnya biasanya memakan waktu delapan hingga 12 bulan, tetapi NATO nampaknya ingin bergerak cepat mengingat ancaman Rusia di negara-negara Nordik.

Beberapa sekutu NATO, termasuk Inggris, telah menawarkan jaminan keamanan ke Finlandia dan Swedia selama periode pengajuan sebelum mereka dicakup oleh NATO.

“Selama beberapa hari terakhir, kami telah melihat banyak pernyataan oleh sekutu yang berkomitmen pada keamanan Finlandia dan Swedia. NATO sudah waspada di wilayah Laut Baltik dan NATO dan pasukan sekutunya akan terus beradaptasi sesuai kebutuhan,” kata Stoltenberg.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *