-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Korea Utara Uji Coba Rudal yang Mampu Mencapai Guam

Korea Utara telah meluncurkan apa yang bisa menjadi rudal balistik. [Gambar melalui KCNA/Reuters]

DOXTIMES.COM Korea utara pada hari Senin (31/1) mengkonfirmasi bahwa mereka telah melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah yang mampu mencapai wilayah AS di Guam.

Peluncuran itu menjadi yang pertama kalinya Korea Utara menguji coba senjata paling kuat sejak 2017. Korea Selatan mengatakan telah mendeteksi peluncuran rudal balistik tersebut pada Minggu.

Menurut laporan media pemerintah pada hari Senin, rudal yang diluncurkan yakni Hwasong-12. Peluncuran pada hari Minggu itu juga bisa menjadi awal dari provokasi yang lebih besar yang dilakukan oleh Korea Utara, karena negara itu ingin mencoba lebih menekan pemerintah Biden untuk keringanan sanksi atau pengakuan internasional sebagai negara nuklir yang sah.

“Uji coba evaluasi rudal balistik jarak menengah dan jarak jauh tipe Hwasong 12 dilakukan pada hari Minggu,” laporan kantor berita resmi Korea Central News Agency (KCNA).

“Tes tersebut mengkonfirmasi keakuratan, keamanan, dan efektivitas pengoperasian sistem senjata tipe 12 Hwasong yang sedang diproduksi,” tambah KCNA.

KCNA mengatakan bahwa uji coba tersebut dilakukan menggunakan “sistem peluncuran sudut tertinggi” untuk memastikan keamanan bagi negara-negara tetangga, dan hulu ledak membawa kamera yang mengambil foto saat berada di luar angkasa.

Kantor berita itu juga menerbitkan dua foto, satu rudal naik dari peluncur dan satunya lagi meluncur ke ruang angkasa.

Gambar dilaporkan diambil dari luar angkasa dengan kamera di hulu ledak Hwasong-12 “rudal balistik menengah dan jarak jauh. [Gambar via Reuters)

Dox Times belum bisa menggunakan gambar di atas karena belum mendapatkan informasi keasilan dari foto tersebut.

Terakhir kalinya Korea Utara menguji coba rudal jarak menengah Hwasong-12 pada tahun 2017, para analisis mencatat bahwa pada saat itu cukup mampu untuk menjangkau wilayah AS di Guam.

Rudal Hwasong-12 adalah senjata darat-ke-darat berkemampuan nuklir dengan jangkauan maksimum 4.500 kilometer (2.800 mil) dalam lintasan standar.

Peluncuran pada hari Minggu adalah uji coba rudal ketujuh yang dilakukan oleh Korea Utara pada bulan Januari, termasuk peluncuran rudal hipersonik, rudal balistik, hingga yang diluncurkan dari kapal selam.

Baca juga: Korea Utara Kembali Menembakkan Dua Rudal Balistik ke Arah Laut Timur

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.