-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA Berhasil Diluncurkan

Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA Berhasil Diluncurkan. [Gambar Spesial]
Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA Berhasil Diluncurkan. [Gambar Spesial]

DOXTIMES.COM – Teleskop baru yang revolusioner NASA James Webb pada hari Sabtu (25/12/21) pagi, berhasil diluncurkan ke orbit luar angkasa setelah mengalami beberapa penundaan.

Teleskop luar angkasa James Webb (JWST) dibuat selama kurang lebih tiga dekade dan telah menghabiskan dana miliaran rupiah. Teleskop tersebut meninggalkan Bumi melalui roket Ariane 5 dari Pusat Luar Angkasa Kourou di Guyanan Prancis dalam keadaan tertutup.

Teleskop itu diharapkan dapat memancarkan kembali petunjuk baru untuk membantu para ilmuwan memahami lebih lanjut tentang asal-usul Alam Semesta dan planet mirip Bumi yang berada di luar tata surya.

JWST sering kali dianggap sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang telah mengorbit Bumi sejak 1990. Namun Observatorium generasi berikutnya ini diklaim akan mejadi 10 hingga 100 kali lebih sensitif dibanding Hubble dan jauh lebih mampu mengambil objek yang redup ataupun jauh.

Berbicara tentang kemampuan JWST, NASA menegaskan bahwa teleskop itu mampu menangkap cahaya inframerah yang dipancarkan “panas lebah dari kejauhan Bulan”.

Render artistik JWST benar-benar terbentang di luar angkasa. [Gambar via NASA]

JWST memiliki cermin berlapis emas berdiameter 6,5 meter (21 kaki), tiga kali ukuran dari cermin Hubble, dan terbuat dari 18 bagian heksagonal. Menjadikannya harus dilipat agar muat masuk dalam roket.

Setelah roket membawa JWST sejauh 120 kilometer, hidung perlindungan pesawat (fairing) langsung dilepas guna meringankan beban.

Kru yang berada di darat mencatat, waktu penerbangan memakan waktu sekitar 27 menit setelah peluncuran. Setelah mencapai stasiun, tahap selanjutnya adalah mamasang cermin dan perlindungan matahari yang memiliki ukuran sekitar lapangan tenis.

Proses tersebut membutuhkan waktu selama dua minggu dan harus benar-benar sempurna agar JWST berfungsi dengan benar.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.