-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Arab Saudi Telah Mengeksekusi 81 Orang Dalam Sehari

Bendera Arab Saudi. [Alamy / PA]
Bendera Arab Saudi. [Alamy / PA]

DOXTIMES.COM Arab Saudi telah mengeksekusi 81 orang dalam sehari, termasuk tujuh diantaranya warga Yaman dan satu warga Suriah. Eksekusi tersebut dilakukan atas tuduhan termasuk setia dengan organisasi teroris asing dan berkeyakinan menyimpang.

Peristiwa itu menjadi yang terbesar di mana eksekusi masal dilakukan dalam sejarah modern kerajaan, sebelumnya 67 eksekusi dilaporkan di kerajaan pada tahun 2021 dan 27 pada tahun 2020.

“Orang-orang ini… dihukum karena berbagai kejahatan termasuk membunuh pria, wanita dan anak-anak yang tidak bersalah,” menurut pernyataan dari kementerian dalam nengeri yang dikutip dari Saudi Press Agency (SPA).

“Kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang ini juga termasuk berjanji setia kepada organisasi teroris asing, seperti ISIS (ISIL), al-Qaeda dan Houthi,” tambahnya.

Menurut SPA beberapa dari mereka telah melakukan perjalanan ke zona konflik untuk bergabung dengan organisasi teroris.

“Terdakwa diberi hak untuk didampingi pengacara dan dijamin hak penuh mereka di bawah hukum Saudi selama proses peradilan,” katanya.

“Kerajaan akan terus mengambil sikap tegas dan teguh terhadap terorisme dan ideologi ekstremis yang mengancam stabilitas seluruh dunia,” tambah laporan tersebut.

Laporan tersebut mengatakan bahwa 37 orang lainnya adalah warga negara Saudi yang dinyatakan bersalah dalam satu kasus percobaan pembunuhan petugas keamanan dan menargetkan kantor polisi, serta konvoi.

Arab Saudi mendapatkan catatan hak asasi manusia dibawah pengawasan dari kelompok hak asasi dan sekutu Barat sejak pembunuhan jurnalis Saudi Jamalah Khashoggi pada 2018.

Negara itu telah menghadapi kritikan keras terhadap undang-undang yang membatasi ekpresi politik dan agama, dan penerapan hukuman mati.

Arab Saudi telah membantah tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan mengatakan melindungi keamanan negaranya sesuai dengan hukum.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.