-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-
Eropa, News  

Para Pemimpin Eropa Diharapkan Ke Kyiv, AS Kirim Persenjataan Baru

Para pemimpin Eropa diharapkan datang ke Kyiv, sehari setelah Amerika Serikat mengumumkan persenjataan baru senilai 1 USD miliar ke pasukan Ukraina.

Howitzer Caesar 155 mm buatan Prancis telah tiba di garis depan di Ukraina, tetapi Kyiv mendesak sekutu baratnya untuk meningkatkan pengiriman senjata. [Aris Messinis / AFP]
Howitzer Caesar 155 mm buatan Prancis telah tiba di garis depan di Ukraina, tetapi Kyiv mendesak sekutu baratnya untuk meningkatkan pengiriman senjata. [Aris Messinis / AFP]

DOXTIMES.COM – Para pemimpin Jerman, Prancis dan Italia diperkirakan akan mengunjungi Kyiv pada Kamis, sehari setelah Amerika Serikat mengumumkan persenjataan baru senilai 1 USD miliar untuk pasukan Ukraina yang melawan Rusia.

Pasukan Ukraina melawan serangan di wilayah Donbas yang dilakukan oleh pasukan Rusia, yang berusaha erebut wilayah Ukraina di timur dan selatan.

Sebagai dukungan, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi diharapkan terbang ke Kyiv.

Meskipun belum ada pengumumkan resmi, Presden Macron telah berada di Kyiv setelah mengunjungi dua tetangga Ukraina, Rumania dan Moldova beberapa hari terakhir.

“Kami, Uni Eropa, perlu mengirim sinyal politik yang jelas ke Ukraina dan rakyat Ukraina, yang jelas melawan dengan heroik selama beberapa bulan,” kata Macron saat berbicara di Rumania pada Rabu setelah bertemu dengan Prancis yang ditempatkan disana.

Media resmi Italia dan Jerman telah melaporkan bahwa Drahi dan Scholz akan mengunjungi Kyiv, dan tiga pemimpin Eropa juga dilaporkan akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Ini menjadi kunjungan pertama para pemimpin Eropa ke Ukraina sejak awal invasi Rusia pada bulan Februari, dan datang saat Kyiv mendesak untuk menjadi anggota Uni Eropa.

Tokoh terkemuka lainnya juga telah mengunjungi Ukraina sejak awal perang, termasuk Perdana Menteri Ingris Boris Johnson, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Sekjen PBB Antonio Guterres.

UPDATE 12.28 WIB

Menurut laporan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi, naik kereta bersama menuju Kyiv.

UPDATE 14.30 WB

Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi tiba di Kyiv pada Kamis (16 Juni) dengan kereta api khusus dari Polandia, sebagai kunjungan pertama mereka sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari. Baca selengkapnya

Ikuti Twitter dan Instaram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *