-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Aplikasi di Google Play Store Ini Ternyata Mengandung Malware Joker

Aplikasi di Google Play Store Ini Ternyata Mengandung Malware Joker. [Gambar Ilustrasi]
Aplikasi di Google Play Store Ini Ternyata Mengandung Malware Joker. [Gambar Ilustrasi]

DOXTIMES.COM – Sebuah aplikasi yang tersedia di Google Play Store dengan lebih dari 500.000 unduhan ternyata telah mengirimkan malware Joker.

Aplikasi tersebut bernama Color Message (“com.guo.smscolor.message”), yang kini telah dihapus oleh Google dari Play Store.

Malware tersebut secara diam-diam akan mengirimkan kontak pengguna ke server yang telah dikendalikan oleh pelaku, dan juga mendaftarkan pengguna ke layanan premium berbayar tanpa sepengetahuan pengguna.

Peneliti keamanan siber di Pradeo telah mengidentifikasi malware yang berada di aplikasi tersebut.

“Color Message mengakses daftar kontak pengguna dan mengekstraknya melalui jaringan dan secara otomatis berlangganan layanan berbayar yang tidak diinginkan,” katanya.

“Agar sulit untuk dihapus, aplikasi memiliki kemampuan untuk menyembunyikan ikonnya setelah diinstall,” tambahnya.

Menurut pasarannya, Color Message merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya mempersonilisasi pesan SMS default mereka. Namun saat ditemukan, ternyata aplikasi dengan setengah juga unduhan itu menimbulkan malware Joker yang berbahaya.

Kami menyimpulkan syarat dan ketentuan aplikasi tersebut, yang berbunyi “Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa aplikasi ini berguna dan seefisien mungkin”.

“Untuk alasan itu, kami berhak untuk membuat perubahan pada aplikasi atau membebankan biaya untul layanannya, kapan saja dan untuk alasan apa pun. Kami tidak akan pernah membebenkan biaya kepada Anda untuk aplikasi atau layanannya tanpa menjelaskan kepada Anda apa tepatnya Anda bayar.”

Menurut bukti yang diperoleh para Penelti bahwa informasi yang dicuri nantinya akan dikirim ke server yang dihosting di Rusia.

Tidak semua aplikasi yang berada di Google Play Store adalah “aman”, jadi Anda harus lebih berhati-hati. Aplikasi berbahaya akan terus mencoba menghindari perlindungan Google Play Store.

Bahkan tim keamanan dan privasi Android pun sampai tidak habis pikir dengan teknik penyeludupan dan penyamaran yang dilakukan oleh pelaku atau penyerang.

“Dengan menggunakan kode sesedikit mungkin dan menyembunyikannya secara menyeluruh, Joker menghasilkan jejak yang sangat rahasia yang sulit dideteksi,” kata Roxane dari Pradeo.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.