-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Trojan Android Baru ‘SharkBot’ dapat Mencuri Akun Kripto dan Bank

Trojan Android Baru 'SharkBot' dapat Mencuri Akun Kripto dan Bank. [Gambar/Getty]
Trojan Android Baru 'SharkBot' dapat Mencuri Akun Kripto dan Bank. [Gambar/Getty]

DOXTIMES.COM – Peneliti Keamanan Siber di Cleafy melaporkan tentang Trojan baru Android ‘SharkBot’ yang menggunakan fitur aksesibilitas perangkat untuk mencuri kredensial layanan akun bank dan kripto.

Malware tersebut dijuluki ‘SharkBot‘ oleh Cleafy. Malware itu dibuat untuk menargetkan 27 layanan, termasuk 22 bank internasional di Italia dan Inggris, serta lima aplikasi kripto di Amerika Serikat.

“Tujuan utama SharkBot adalah untuk memulai transfer uang dari perangkat yang disusupi menggunakan sistem transfer otomatis, melewati mekanisme otentikasi multi-faktor,” kata para peneliti dalam sebuah laporan.

“Setelah instalasi SharkBot berhasil di perangkat korban, penyerang dapat memperoleh akses ke informasi perbankan rahasia, kredensial, informasi pribadi, saldo saat ini, dan lainnya,” tambahnya.

Malware SharkBot biasanya menyamar sebagai media player, aplikasi video, atau aplikasi lainnya. Aplikasi penyamaran SharkBot akan memberikan notifikasi perizinan secara terus-menerus untuk mengakses informasi pribadi atau rahasia melalui pop-up.

Tidak hanya itu, Malware ini mampu menggunakan pengaturan aksesiblitas untuk melakukan serangan ATS, dimana nantinya memungkinkan operator secara otomatis mengisi bidang pada aplikasi mobile banking dan mentransfer uang dari perangkat ke rekenening penyerang.

Malware SharBot memiliki fitur yang cukup populer di semua trojan perbankan Android, seperti kemampan melakukan serangan overlay guna mencuri kredensial login dan informasi kartu kredit, mengaktifkan keylogging, mendapatkan akses kendali jarak jauh, dan menolak komunikasi perbankan yang dikirim lewat SMS.

Para peneliti menambahkan bahwa munculnya malware baru seperti SharBot ini menunjukkan bagaimana malware ponsel dapat dengan cepat berkembang menemukan celah dan cara baru untuk melakukan penipuan, dan juga mengecoh deteksi yang dilakukan oleh beberapa bank dan layanan keuangan selama beberapa tahun terakhir.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.