-Gulirkan kebawah untuk melanjutkan-

Harga BBM Pertalite, Solar Hingga Pertamax Resmi Naik Hari Ini

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite mengalami kenaikan menjadi Rp10.000, solar Rp 6.800.

Antrian BBM subsidi di SPBU Mengular. [Gambar via DetikCom]
Antrian BBM subsidi di SPBU Mengular. [Gambar via DetikCom]

DOXTIMES.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari Sabtu (3/9/2022) resmi mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertalite, Solar hingga Pertamax. Harga terbaru itu mulai berlaku pada pukul 14.30.

“Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian,” kata Presiden Jokowi.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan penyesuaian harga baru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu sebagai berikut:

  • Harga Pertalite dari Rp7.650 naik menjadi Rp10.000.
  • Harga Solar dari Rp5.150 naik menjadi Rp6.800.
  • Harga Pertamax dari Rp12.500 naik menjadi Rp14.500.

Sinyal tentang kenaikan harga BBM itu sebenarnya telah lama diberbincangkan seiring membengkaknya nilai subsidi energi yang mencapai Rp402 triliun.

Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa anggaran subsidi dan kompensasi energi bisa kembali membengkak Rp198 triliun jika harga pertalite dan solar tidak dinaikkan.

Mulyani menambahkan saat ini anggaran subsidi energi untuk 2022 dipatok sebesar Rp502,4 triliun.

“Kami perkirakan subsidi itu harus tambah lagi, bahkan bisa mencapai Rp198 triliun, menjadi di atas Rp502,4 triliun. Jadi nambah, kalau tidak menaikkan (harga) BBM, kalau tidak dilakukan apa-apa, tidak ada pembatasan,” kata Srimulyani seperti yang dikutip dari kompas.com.

Tekanan harga BBM terjadi karena harga minyak menta dunia melonjak setelah perang Rusia-Ukraina, akibatnya harga subsidi BBM dan kompensasi energi melesat dari Rp170 triliun menjadi Rp502 triliun.

Ikuti Twitter dan Instagram kami.

Bergabunglah dengan kami di Grup Telegram "Dox Times", dengan klik link berikut: https://t.me/doxtimes, lalu tekan join. Anda harus install aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dan breaking news setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *